Cloud Storage

Cloud Storage apa sih?

4 Tahun terakhir kita memulai layanan online yang sangat pesat perkembangannya, salah satunya adalah adanya “Could Storage” atau biasa di sebut penyimpanan data online yang dapat di akses melalui berbagai platform layanan teknologi baik hp maupun computer. Dan lebih canggihnya lagi layanan online tersebut bisa tersinkronisasi otomatis dengan desktop computer, yuk kita simak bersama:

  • SKY DRIVE

Layanan data penyimpanan online yang di usung oleh Microsoft. Untuk versi mobile nya sudah terhubungkan dengan OS iOS, Windows Phone dan Android.  Microsoft menghadirkan SkyDrive yang dirilis hampir bersamaan saat Google memperkenalkan GDrive. Meniru fitur seperti Dropbox, yaitu Desktop Sync Clients, SkyDrive juga menghadirkan fitur editor via web untuk file-file dokumen (Docs, Excel, Powerpoint dan OneNote).

https://skydrive.live.com/

Memberikan space 7 Gb

  • DROPBOX

Layanan Could Storage ini memberikan layanan yang praktis dan simple. Dropbox bisa dikatakan sebagai pionir layanan komputasi awan yang revolusioner. Didirikan pada tahun 2007 oleh Drew Houston dan Arash Ferdowsi, kini Dropbox sudah melayani lebih dari 50 juta pengguna dan menjadi pemain utama dalam layanan komputasi awan. Dengan salah satu fitur magisnya yaitu: sinkronisasi data secara otomatis melalui folder khusus Dropbox di desktop (Desktop Sync Clients).

Fitur Dropbox yang sangat berguna lainnya seperti: kemudahan berbagi folder data dengan orang lain dan fitur push download secara otomatis cukup dengan klik link download tanpa harus masuk ke laman situs. Dropbox memberikan kapasitas data gratis hanya sebesar 2 GB yang bisa di upgrade hingga 18 GB melalui program link referensi (referral link) kepada teman-teman anda. https://www.dropbox.com/

  • Google Drive

Penantang terbesar dari Dropbox di layanan komputasi awan adalah salah satu raja bisnis online yaitu Google. Google sangat serius untuk menandingi Dropbox, melalui layanan terbarunya yaitu Google Drive. GDrive (baca: Google Drive) merupakan evolusi dari Google Docs, yang kini melalui GDrive seluruh pengguna bisa berbagi jenis data apa saja tidak dibatasi hanya file dokumen lagi.

Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. https://drive.google.com/

4 thoughts on “Cloud Storage

  1. Informatif…

    Maaf, tapi seharusnya “Cloud Storage” bukan “Could”

    Mungkin penulis bisa mengedit beberapa kesalahan kata yang ada di Blog ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s